Sabtu, 20 September 2008

Apakah kamu adalah seorang Pengusaha/Entrepreneur


"Apakah kamu adalah seorang Pengusaha/Entrepreneur?"
Kamu ingin mengawali pekerjaanmu sendiri dari rumah, adalah sesuatu hal yang sangat mungkin. Tapi tentunya tidak mudah untuk mengawalinya sebagai pengusaha. Bisa kamu pilih beberapa hal bisnis, melakukan penjualan langsung secara multi-marketing (MLM), menjual produkmu sendiri secara online (Internet), atau menjadi pelatih bisnis untuk orang lain…, kamu harus lakukan beberapa pengujian kemampuan diri agar tak terjatuh nantinya.

Secara alami, tidak ada garansi bahwa kamu dapat melakukan rencanamu ini. Sebagai pengusaha, harus bisa mengasumsikan semua risiko dari bisnis barumu. Tapi kalau kamu merencanakan secara baik untuk menyampaikan produk atau jasa, kamu bisa membuat impianmu akan menjadi kenyataan.

Kamu harus mengetahui kekuatanmu dan secara mental memvalidasi kemampuanmu. Sebagai contoh, kalau kamu berada dalam penjualan langsung dan kamu harus pandai dalam penjualan melalui telpon, selalu merawat hubungan dengan relasi/klien secara baik dan berkesinambungan.

Tentunya, kamu juga harus menyadari akan kelemahanmu. Mungkin kamu ahli dalam menjual tetapi lemah dalam merekrut tenaga pembantu penjualan (downline) – seperti di multi-marketing. Ketahui apa kelemahanmu dan menyelesaikan secara bertahap bagaimana mencari solusinya, dan memperoleh seseorang untuk melakukan fungsi itu. Solusi selalu ada dan seorang pengusaha bisa mengatasi masalah mereka.

Maka mantaplah untuk menjadi pengusaha dan jangan menunda-nunda bila mengharapkan kesuksesan.

Kamu akan mempunyai relasi dengan banyak kepribadian yang berbeda. Kamu harus bisa menyesuaikan diri secara baik dengan mereka. Kamu harus berkomunikasi dengan pelanggan, mungkin penjual dan profesional lain seperti bankir, jaksa dan akuntan. Kalau kamu memerlukan bantuan belajar terhadap kesepakatan dengan para relasi barumu, barangkali jasa pelatihan dapat menolong untuk mempelajari bagaimana caranya menghadapinya.

Gerutuan pelanggan pasti akan terjadi tetapi itu bukan masalah, kamu harus berani menghadapi dan mengetahui caranya untuk membuat kesepakatan dengan bijaksana dengan seseorang melakukan komplain atau protes terhadap produk atau jasamu.
Pelajari bagaimana melakukan kesepakatan secara baik dengan orang lain yang sedang bermasalah, dan pelajari bagaimana caranya menghadapi dan menangani mereka secara baik. Niscaya kamu akan memperoleh sukses sebagai pengusaha dan mencapai apa yang kamu inginkan.

Semoga berhasil…!

Made By : The Little Sugar Entrepreneur
E-mail : thelittle.sugar@yahoo.co.id
thelittlesugar.team@gmail.com
Personal Blogs: http://thelittlesugarentrepreneur.blogspot.com

Tidak ada komentar: