Sabtu, 20 September 2008

Benang Merah Antara Blogger, Internet Marketer dan E-Commerce Entrepreneur


"Benang Merah Antara Blogger, Internet Marketer dan E-Commerce Entrepreneur"

Membaca tulisannya mbak jennie S. Bev yang mencoba klarifikasi perbedaan internet marketer vs e-commerce entreprenur, saya jadi tertarik untuk mengulas lebih luas lagi profesi-profesi yang berkaitan dengan itu.

Ini hanya sekadar tulisan lepas gaya blogger yang bukan mahasiswa doktoral dengan tesis mengenai e-commerce seperti mbak Jennie.

Saya tertarik untuk mengulasnya dengan melihat pada fenomena bloging beberapa tahun terahir. Namun sebelum menarik benang merahnya, saya ingin melihat lebih luas kelompok-kelompok manusia yang terlibat dalam dunia cyber internet selain internet marketer dan e-commerce entrepreneur.

Seperti halnya di dunia nyata ada beberapa kelompok dalam komunitas internet bisa dibedakan dari yang mereka lakukan.

Pertama adalah para pengguna umum, seperti masyarakat umum dalam dunia nyata. Mereka adalah konsumen dan peselancar/ turis online yang mencari informasi dan hal lain yang bisa di dapat dari internet.

Kedua adalah para profesional internet yang bekerja dengan media internet, baik secara pribadi sebagai freelancer atau bekerja pada perusahaan-perusahaan berbasis/ memanfaatkan internet dalam aktifitas bisnisnya. Termasuk di dalamnya adalah para pemasar internet(internet marketer) .

Ketiga adalah para pengusahan online (e-commerce entrepreneur) yang seperti halnya para pengusaha pada dunia nyata. Mereka membangun bisnisnya di internet tidak hanya sebagai alat pemasaran akan tetapi basis perusahaan-perusahaan yang mereka dirikan memang menggunakan Inernet sebagai sarana untuk hamprir seluruh kegiatan bisnisnya.

Terus Yang keempat adalah blogger dan media pemberitaan online lainnya. Mereka bertindak seperti pers dalam dunia nyata, namun pengaruhnya jauh lebih luas lagi di dunia cyber ini. Hal yang menarik adalah orang-orang di belakang blog yang biasa di sebut para blogger, mereka bisa menjadi siapa saja di internet, mulai pengguna biasa, profesional internet, pemasar internet ataupun juga pengusaha online.

Dari keempat kelompok tadi membetuk sebuah komunitas besar di dunia maya yang saling mengisi satu sama lainnya. Sekali lagi seperti pada dunia nyata, semua komponen saling berkaitan dan tidak bisa di hilangkan salah satupun. Bayangkan saja jika salah satu dari keempat komponen tadi dihilangkan… mungkin nilai internet tidak akan sedahsyat saat ini.

Seperti yang dibahas pada blognya mbak Jenny, beliau berusaha mengklarifikasi perbedaan antara pemasar online dan pengusaha online dengan segala definisi dan referensinya sebagai seorang pakar e-commerce. Pada dasarnya saya setuju dan mengerti dengan klarifikasi tersebut. Karena seperti pada kelompok-kelompok pengguna internet tadi, jelas para pemasar internet adalah bagian dari para profesional yang bekerja dengan media internet. Sedangkan para pengusaha internet berdiri sendiri sebagai entitas tersendiri dalam komunitas maya.

Namun yang perlu digarisbawahi disini adalah seseorang yang terlibat dalam dunia maya internet bisa berada pada lebih dari satu kelompok di atas. Seperti halnya seorang blogger yang bisa jadi bagian dari keempat kelompok tadi. Begitu pula seorang pemasar internet bisa jadi dia adalah seorang pengusaha online juga, atau sebaliknya.

Hal yang penting untuk di catat adalah mungkin memang banyak sekali orang yang masih salah pemahaman tentang profesi internet marketer dan pengusaha online. Apakah anda seorang webmaster atau blogger yang mendapatkan penghasilan dari program-program ppc, pps, ppl atau referal? ataukah anda seorang yang membagun perusahaan online, menciptakan nilai di dalamnya kemudian mengungkitnya menjadi sebuah aset online yang bernilai jutaan dolar?

Siapapun anda, setidaknya anda bisa bisa memberi manfaat kepada komunitas tempat anda berada itu (dalam hal ini internet) karena mereka yang paling tinggi nilainya adalah mereka yang paling berguna untuk sekelilingnya.

Made By :The Little Sugar Entrepreneur
E-mail : thelittle.sugar@yahoo.co.id
thelittlesugar.team@gmail.com
Personal Blogs: http://thelittlesugarentrepreneur.blogspot.com

Tidak ada komentar: